Jangan Lupa!! Klik Tombol Like dibawah ini ya, Agar selalu dapat Informasi terupdate dari Fanspage kami.

Makalah Tentang IPSec

MAKALAH PRESENTASI MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER TENTANG IP SECURITY
Dosen : Yahya Husein, S.Kom.


Disusun Oleh : Kelompok 4
1.     REZA SEPTIAN D.A.(http://www.satukandunia.blogspot.com)
3.     RIDWAN FEBRIYANTO (http://ridwanfy.blogspot.com)
4.     MUARIF SUHARTANTO (http://www.muariefx9.blogspot.com)
5.     ANDI SAPUTRA(http://www.andigap.blogspot.com)


IP SECURITY


I.                   PENGERTIAN.

IPSec (singkatan dari IP Security) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP. IPSec mendefiniskan beberapa standar untuk melakukan enkripsi data dan juga integritas data pada lapisan kedua dalam DARPA Reference Model (internetwork layer). IPSec melakukan enkripsi terhadap data pada lapisan yang sama dengan protokol IP dan menggunakan teknik tunneling untuk mengirimkan informasi melalui jaringan Internet atau dalam jaringan Intranet secara aman. IPSec didefinisikan oleh badan Internet Engineering Task Force (IETF) dan diimplementasikan di dalam banyak sistem operasi. Windows 2000 adalah sistem operasi pertama dari Microsoft yang mendukung IPSec.

IPSec mendukung dua buah sesi komunikasi keamanan, yakni sebagai berikut:
·         protokol Authentication Header (AH): menawarkan autentikasi pengguna dan perlindungan dari beberapa serangan (umumnya serangan man in the middle), dan juga menyediakan fungsi autentikasi terhadap data serta integritas terhadap data. Protokol ini mengizinkan penerima untuk merasa yakin bahwa identitas si pengirim adalah benar adanya, dan data pun tidak dimodifikasi selama transmisi. Namun demikian, protokol AH tidak menawarkan fungsi enkripsi terhadap data yang ditransmisikannya. Informasi AH dimasukkan ke dalam header paket IP yang dikirimkan dan dapat digunakan secara sendirian atau bersamaan dengan protokol Encapsulating Security Payload.
·         protokol Encapsulating Security Payload (ESP): Protokol ini melakukan enkapsulasi serta enkripsi terhadap data pengguna untuk meningkatkan kerahasiaan data. ESP juga dapat memiliki skema autentikasi dan perlindungan dari beberapa serangan dan dapat digunakan secara sendirian atau bersamaan dengan Authentication Header. Sama seperti halnya AH, informasi mengenai ESP juga dimasukkan ke dalam header paket IP yang dikirimkan.


IPSEC bekerja pada lapisan network, memproteksi dan mengotentifikasi komunikasi paket IP antara host dan berfungsi baik pada lalulintas IPv6 maupun IPv4. IPSEC ini sebenarnya adalah fitur yang dimiliki oleh IPv6 namun oleh beberapa developer diaplikasikan kedalam IPv4.
IPSEC mempunyai 4 buah elemen, yaitu :

1. AH (authentication header )

2. ESP (encasulapting security payload)

3. IPcomp (IP payload compression)

4. IKE (internet key exchange)

Secara umum layanan yang diberikan IPSEC adalah :

1.      Data Confidentiality, pengirim data dapat mengengkripsi paket data sebelum dilakukan transmit data.
2.      Data Integrity, penerima dapat mengotentifikasi paket yang dikirimkan oleh pengirim untuk meyakinkan bahwa data tidak dibajak selama transmisi.
3.      Data Origin Authentication, penerima dapat mengotentifikasi asal dari paket IPSEC yang dikirimkan.
4.      Anti Replay, penerima dapat mendeteksi dan menolak paket yang telah dibajak.

Cara kerja IPSecurity :
-          Protokol AH menyediakan integritas hubungan, otentifikasi data asal dan layanan anti jawaban.
-          Protokol ESP menyediakan kerahasiaan (enkripsi), dan pembatasan aliran lalulintas kerahasiaan. ESP
-          juga menyediakan layanan integritas hubungan, otentifikasi data asal dan layanan anti jawaban.
-          Kedua protokol ini merupakan pembawa kontrol akses berbasis distribusi kunci kriptografi dan manajemen aliran lalulintas relatif terhadap protokol keamanan.

Kelebihan IPSEC :

1.      IPsec dapat melindungi protokol apa pun yang berjalan di atas IP dan pada medium apa pun yang dapat digunakan IP, sehingga IPsec merupakan suatu metode umum yang dapat menyediakan keamanan komunikasi melalui jaringan computer.
2.      IPsec menyediakan keamanan secara transparan, sehingga dari sisi aplikasi, user tidak perlu menyadari keberadaannya
3.      IPsec dirancang untuk memenuhi standar baru IPv6 tanpa melupakan IPv4 yang sekarang digunakan
4.      Perancangan IPsec tidak mengharuskan penggunaan algoritma enkripsi atau hash tertentu sehingga jika algoritma yang sering digunakan sekarang telah dipecahkan, fungsinya dapat diganti dengan algoritma lain yang lebih sulit dipecahkan .


Kelemahan IPSEC :

1.      IPsec terlalu kompleks, penyediaan beberapa fitur tambahan dengan menambah kompleksitas yang tidak perlu .
2.       Beberapa dokumentasinya masih mengandung beberapa kesalahan, tidak menjelaskan  beberapa penjelasan esensial, dan ambigu.
3.      Beberapa algoritma default yang digunakan dalam IPsec telah dapat dipecahkan/dianggap tidak aman (misalnya DES yang dianggap tidak aman dan MD5 yang telah mulai berhasil diserang. Algoritma penggantinya telah tersedia dan administrator sistem sendiri yang harus memastikan bahwa mereka menggunakan algoritma lain untuk mendapatkan keamanan yang lebih tinggi .




Kesimpulan :

1.      IPsec merupakan salah satu solusi kemanan jaringan berupa protokol kemanan yang berada di network layer untuk pengiriman paket IP.
2.      IPsec terdiri atas dua bagian utama, yaitu:
            a. Protokol penambahan header pada paket IP (AH dan ESP)
            b. Protokol pembangkitan dan distribusi kunci secara otomatis (IKE)
3.      IPsec menggunakan teknik-teknik kriptografi dalam menyediakan layanan keamanan Authentication, Data Integrity, dan Confidentiality.
4.      Authentication dan Data Integrity disediakan oleh protokol AH dan ESP dengan menggunakan HMAC.
5.      Confidentiality disediakan oleh protokol ESP dengan mengunakan algoritma kriptografi
6.      Walaupun menurut para ahli masih memiliki beberapa kekurangan, IPsec masih dianggap sebagai solusi terbaik dalam menyediakan keamanan dalam komunikasi melalui jaringan komputer.

Demikian artikel tentang Makalah Tentang IPSec Semoga bermanfaat untuk sobat.

Blog, Updated at: 00.15.00

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, tidak pula melakukan SPAM, SARA.