Jangan Lupa!! Klik Tombol Like dibawah ini ya, Agar selalu dapat Informasi terupdate dari Fanspage kami.

[Tutorial]Cara Mengembalikan Data Memori/MMC yang Hilang

Cara Mengembalikan Data Memori / MMC yang Hilang
Beberapa Konsumen Banyak yang bertanya Isi kartu memori saya tiba-tiba hilang tanpa sebab. Namun ukuran memorinya tetap (250 MB), dan file di dalamnya hilang semuanya. Apakah filenya bisa ditemukan kembali?


Jawabanya bisa! Selama memory card-nya masih bisa terbaca atau diakses. Yang repot kalau memory card sudah rusak secara hardware, sama sekali tidak terdeteksi waktu dimasukkan ke dalam card reader. Kalau masih bisa terdeteksi, dan bisa dibaca, kita membutuhkan bantuan software yang dijalankan di PC.
Jika memiliki card reader, masukkan memory card ke dalam card reader dan koneksikan ke PC, untuk mengetahui memory card kita menempati drive apa, misalnya drive G. Jika tidak memiliki card reader, bisa menggunakan smartphone Android, asal drive memory card bisa terbaca di PC.
Ada banyak aplikasi untuk recovery data. Salah satu aplikasinya misalnya Recuva. Recuva bisa di download di link ini. Setelah terinstal, jalankan aplikasi tersebut dan scan di drive mana memory card kita tersimpan.
Bentuk data yang mudah dikembalikan biasanya berbentuk foto atau image, juga lagu. Data-data lainnya butuh lebih banyak waktu untuk bisa dikembalikan. Aplikasi lain yang juga terbukti ampuh untuk recovery data adalah Sandisk Rescue Pro. Bisa coba di download di sini.
Terkadang, jika proses scan tidak bisa berlangsung dengan baik, bisa mencoba memformat lagi memory card dengan sengaja. Hal ini malah memungkinkan data yang terhapus lebih mudah dibaca.
Jika terbiasa membawa data penting di memory card, biasakan untuk membuat backup, atau mengkopi ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Bahkan untuk foto-foto dan video bisa otomatis ter-upload, dengan beberapa parameter yang kita tentukan, misalnya baru di-upload ketika kita sedang terhubung ke WiFi.
Jadi ketika ada kendala kerusakan memory card atau device hilang, kita sudah memiliki backup, Ituah tutorial cara mengembalikan data mmc yang hilang ,Semoga berhasil !

Demikian artikel tentang [Tutorial]Cara Mengembalikan Data Memori/MMC yang Hilang Semoga bermanfaat untuk sobat.

Blog, Updated at: 08.00.00

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, tidak pula melakukan SPAM, SARA.